Tips Menjaga Sistem Imun Saat Musim Hujan Tiba

Tips Menjaga Sistem Imun Saat Musim Hujan Tiba

Tips menjaga sistem imun saat musim hujan tibaTips menjaga sistem imun saat musim hujan tiba | Saat musim hujan tiba, tentu akan ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan. Karena cuaca yang akan selalu dingin dan lembab bisa saja mengundang beberapa penyakit untuk tubuhmu. Belum lagi mikroorganisme yang cepat menyebar karena air hujan yang kotor dan banjir yang sering terjadi. Musim hujan disebut-sebut menjadi musim yang sering membuat orang-orang terserang penyakit seperti flu, demam, sakit kepala, atau penyakit lain yang menyerang tenggorokan. Jangan lupa untuk menyiapkan beberapa hal agar aktivitas kamu tidak terganggu dengan penyakit. Untuk bisa tetap sehat dalam cuaca apapun, kamu perlu memiliki sistem imun yang kuat dan mampu mengusir penyakit dari tubuh. Beberapa caranya adalah dengan menerapkan hidup sehat, serta tetap menjaga tubuh dalam keadaan fit.

Nah, untuk menghindari menurunnya kesehatan saat musim hujan, tentu anda harus pandai – pandai menjaga kesehatan anda agar tidak gampang sakit. Untuk mencegahnya, coba lakukan beberapa tips berikut agar anda selalu sehat dan fit walau hujan turun terus menerus.

  • Banyak minum air

Saat cuaca dingin, anda memang tidak akan mengalami rasa haus. Tetapi minum air putih yang cukup tetap harus anda lakukan agar tubuh selalu terhidrasi. Hal ini sangat penting dilakukan agar sistem imun anda selalu terjaga dan tidak cepat turun. Anda pun tidak gampang lesu.

  • Bersihkan lingkungan

Hujan yang terus menerus mengguyur saat musim penghujan membuat lingkungan menjadi lebih kotor daripada saat musim kemarau. Hal ini dipicu karena tingkat kelembapan udara yang lebih tinggi yang membaut sampai atau limbah menjadi lebih mudah membusuk yang pada akhirnya menjadi sumber kuman. Untuk itu, bersihkan lingkungan pada tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang untuk kuman dan bakteri berkembang biak.

  • Cuci tangan

Bakteri yang tersebar selama musim hujan sangat mudah dapat mengganggu kesehatan tubuhmu jika kamu tidak menjaga kebersihan anggota badan. Anggota badan yang paling rentan kotor dan mengandung banyak bakteri adalah tangan, karena kamu bisa saja memegang benda dan sesuatu yang kotor dan penuh bakteri. Tak hanya musim hujan saja sebenarnya, kamu perlu menjaga kebersihan tangan. Tapi, pada musim hujan kamu mungkin jarang menyadari bahwa air hujan yang kotor dan debu yang menempel selama kamu di luar ruangan akan berpengaruh besar terhadap kesehatan.

  • Jaga asupan makanan

Tetap jaga asupan makan sehat anda terutama saat musim penghujan. Ada baiknya, perbanyak konsumsi makanan hangat dan berkuah agar tubuh tetap merasa hangat meski udara begitu dingin. Misalnya konsumsi sup kuah, sayuran dengan kuah hangat, soto ayam dan makanan berkuah sehat lainnya.

  • Konsumsi vitamin

Saat pergantian musim dari musim kemarau menuju musim penghujan tubuh biasanya akan tidak secara langsung menyesuaikan kondisinya, melainkan melalui sebuah proses terlebih dahulu. Proses inilah yang biasanya mempengaruhi system imun atau kekebalan tubuh manusia menjadi lebih lemah. Saat sistem kekebalan tubuh menurun, maka penyakit akan lebih rentan menyerang. Untuk itulah konsumsi vitamin amat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan system imun.

  • Makan saat lapar

Suhu yang dingin saat musim penghujan biasanya membuat nafsu makan menjadi lebih besar. Namun sayangnya metabolism saat musim ini menjadi lebih lambat daripada biasanya. Dan bisa anda bayangkan jika anda terus-terusan menuruti nafsu makan yang begitu besar tanpa didukung dengan metabolisme yang baik, hal tersebut tentunya akan berujung pada kegemukan atau yang kita kenal dengan istilah obesitas.

  • Kenakan pakaian yang tebal dan hangat

Pakaian juga akan mempengaruhi kesehatan anda dimusim penghujan. Baju tipis dan transparan kurang cocok dikenakan saat musim ini, terutama jika aktifitas yang anda lakukan lebih banyak diluar ruangan.

  • Perhatikan pola tidur

Udara dingin saat musim penghujan mengundang rasa kantuk yang melulu. Namun jangan pernah menghiraukan rasa kantuk ini. Ambilah waktu istirahat dan tidurlah secukupnya, namun jangan pula tidur dengan waktu atau porsi yang berlebih. Tubuh yang mendapatkan porsi tidur yang berlebih akan membuat tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot.

Tips Menjaga Sistem Imun Saat Musim Hujan TibaNah, itulah beberapa tips menjaga kesehatan saat musim hujan tiba. Jangan lupa, terapkan juga pola makan sehat agar sistem imun anda selalu terjaga. Semoga bermanfaat. Terus kunjungi situs https://caramengobatipenyakitmiom.wordpress.com/ untuk mnegetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan update setiap harinya.

Tips Menjaga Sistem Imun Saat Musim Hujan Tiba

Tinggalkan komentar