Tips Sederhana Yang Dapat Mencegah Osteoporosis

Berikut Ini Tips Sederhana Yang Dapat Mencegah Osteoporosis

Perkenalkan kami Agen Resmi Green World akan memberikan informasi kesehatan mengenai Tips Sederhana Yang Dapat Mencegah Osteoporosis sejak dini.

Kesadaran masyarakat untuk mencegah terjadinya penyakit osteoporosis ini tergolong masih rendah. Angka kematian yang disebabkan oleh osteoporosis termasuk tinggi, hal itu disebabkan oleh kecacatan tulang hingga patah tulang yang bisa menurunkan kualitas hidup seseorang. Penurunan kualitas hidup itulah yang menyebabkan seseorang bisa mengalami kematian. Memang, osteoporosis ini banyak yang menyerang wanita. Bahkan hampir 80 persen penderitanya adalah wanita, namun pria pun tidak menutup kemungkinan untuk terkena penyakit ini. Langkah pencegahan osteoporosis sejak dini sangat diperlukan sebelum pengereposan tulang terjadi.

Apa Itu Osteoporosis ?

Osteoporosis adalah penyakit sistemik yang ditandai dengan menurunnya massa tulang dan perubahan mikroarsitektur jaringan tulang, sehingga dapat meningkatkan kerapuhan tulang, risiko patah tulang, dan menyebabkan kerusakan. Pada osteoporosis, kerusakan tulang lebih cepat daripada perbaikan yang dilakukan oleh tubuh. Kondisi ini mungkin tidak disadari selama bertahun-tahun, hingga akhirnya tiba-tiba terjadi patah tulang dengan sendirinya. Malnutrisi, gizi buruk, kurang aktifitas fisik, konsumsi obat tertentu, dan kondisi kesehatan lain juga dapat meningkatkan terjadinya osteoporosis. Kondisi kesehatan seperti kolesterol tinggi dan menopause termasuk meningkatkan risiko osteoporosis.

tips sederhana yang dapat mencegah osteoporosisThe National Osteoporosis Foundation menjuluki osteoporosis sebagai “silent disease” (penyakit diam-diam) karena hampir tidak ada gejala keropos tulang pada tahap awal. Namun, konsekuensi utamanya adalah peningkatan risiko patah tulang. Tulang menjadi rapuh yang biasanya terjadi pada pinggul, pergelangan tangan atau tulang belakang. Selama tahap selanjutnya, mungkin ada beberapa tanda-tanda dan gejala seperti nyeri punggung, tinggi badan akan menurun dari waktu ke waktu, postur membungkuk dan mobilitas terbatas.

Penyebab dan Gejala Pada Penyakit Osteoporosis

1. Penyebab Osteoporosis Postmenopausal
Osteoporosis postmenopausal terjadi karena kekurangan estrogen yaitu hormon utama pada wanita yang berfungsi membantu mengatur pengangkutan kalsium ke dalam tulang. Gejala penyakit ini biasanya timbul pada wanita yang berusia di antara 51-75 tahun, tetapi gejalanya bisa muncul lebih cepat ataupun lebih lambat. Wanita kulit putih dan berada di daerah timur lebih mudah menderita penyakit ini daripada wanita kulit hitam.

2. Penyebab Osteoporosis Senilis
Osteoporosis senilis terjadi karena kekurangan kalsium yang berhubungan dengan usia dan ketidakseimbangan di antara kecepatan hancurnya tulang dan pembentukan tulang yang baru. Senilis berarti bahwa keadaan ini hanya terjadi pada usia lanjut. Penyakit ini biasanya terjadi pada usia di atas 70 tahun dan 2 kali lebih sering menyerang wanita. osteoporosis senilis juga lebih sering menyerang wanita.

3. Penyebab Osteoporosis Sekunder
Osteoporosis Sekunder disebabkan oleh keadaan medis lainnya atau oleh obat-obatan. Penyebabnya antara lain adalah gagal ginjal kronis dan kelainan hormonal (terutama tiroid, paratiroid dan adrenal) dan obat-obatan (misalnya kortikosteroid, barbiturat, anti-kejang dan hormon tiroid yang berlebihan). Pemakaian alkohol yang berlebihan dan merokok bisa memperburuk keadaan ini. Kurang dari 5% penderita osteoporosis juga mengalami osteoporosis sekunder

4. Penyebab Osteoporosis Juvenil
Osteoporosis juvenil idiopatik terjadi pada anak-anak dan dewasa muda yang memiliki kadar dan fungsi hormone yang normal, kadar vitamin yang normal dan tidak memiliki penyebab yang jelas dari rapuhnya tulang. Jenis osteoporosis ini belum diketahui penyebab pastinya.

Gejala osteoporosis yang timbul pada wanita :

1. Terjadinya kelainan bentuk tulang
Pada wanita penyakit osteoporosis lebih rentan terjadi ketika memasuki menopouse. Salah satu gejala yang mungkin timbul adalah kepadatan tulang yang semakin berkutang sehingga tulang menjadi hancur. Pada kondisi ini penderita seringkali mengeluhkan nyeri pada tulang dan mengalami kelainan bentuk tulang.

2. Sering merasakan nyeri tulang
Wanita muda bukan tida mungkin mengalami osteoporosis, kemungkinan ini dapat timbul terlebih apabila sering mengalami nyeri tulang. Kondisi yang biasanya muncul adalah wanita yang nyeri pada bagian punggung dengan rentan waktu yang sering dan berlangsung lama. Rasa nyeri akan timbul secara tiba-tiba dan dirasakan kebanyakan pada bagian punggung. Bahkan apabila penderita melakukan gerakan, berdiri atau berjalan seringkali bertambah nyeri.

3. Mengalami patah tulang
Taukah anda bahwa patah tulang merupakan salah satu gejala yang spesifik dalam meningkatkan resiko penyakit osteoporosis. Bahkan tulang yang patah akan disebabkan karena beberapa keadaan baik itu karena jatuh ataupun terkena tekanan yang ringan. Bahkan patah tulang yang paling serius adalah patah tulang pada bagian panggul yang dapat menjadi gejala utama penyakit osteoporosis.

4. Mengalami patah tulang lengan
Salah satu penyebab penyakit osteoporosis yaitu mengalami patah tulang pada bagian lengan. Fraktur colles yaitu patah tulang yang terjadi pada daerah persambungan dengan pergelangan tangan yang seringkali dialami oleh penderita osteoporosis.

5. Kondisi yang menyebabkan penderita lama sembuh
Bahkan pada penderita osteoporosis, patah tulang akan menyebabkan lama sembuh sehingga cenderung pulih secara perlahan yang membutuhkan waktu yang lama.

6. Kesulitan bergerak
Pada penderita penyakit osteoporosis seringkali mengalami kesulitan berdiri, kesulitan duduk tegak ataupun kesulitan membungkuk yang menandai penderita mengalami osteoporosis.

Berikut Inilah Beberapa Tips Sederhana Yang Dapat Mencegah Osteoporosis Sejak Dini

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Cara mencegah osteoporosis akan lebih mudah dilakukan jika dibandingkan dengan mengobatinya. Hal itu dikarenakan saat seseorang terkena osteoporosis, angka penyembuhannya relatif minim dan sedikit.  Berikut ini berbagai cara pencegahan osteoporosis yang bisa anda lakukan :

1. Banyak Mengkonsumsi Kalsium

Salah satu cara yang bisa mencegah terjadinya osteoporosis adalah banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Dalam sehari, wanita sebaiknya mengkonsumsi susu untuk tulang atau susu tinggi kalsium. Susu biasa tidak akan bisa menjaga kepadatan tulang, terutama wanita dengan usia paruh baya ( 40 tahun ke atas ).

Tidak hanya wanita saja, pria pun diwajibkan untuk mengkonsumsi susu tinggi kalsium terutama pria yang memiliki pekerjaan angkat beban berat seperti kuli panggul, kuli bangunan dan masih banyak lagi lainnya. Asupan buah yang mengandung kalsium juga bisa dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan kalsium.

2. Vitamin D

Vitamin D adalah salah satu vitamin yang diperlukan tubuh untuk kepadatan dan kekokohan tulang. Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dalam jumlah cukup dapat membantu kinerja tulang dalam menyerap kalsium di dalam tubuh. Banyak orang yang sudah mengkonsumsi susu tinggi kalsium setiap hari, namun kalsium tersebut tidak bisa terserap maksimal karena tidak diimbangi dengan konsumsi vitamin D cukup setiap harinya.

3. Olahraga

Penderita osteoporosis yang telah mengalami pengeroposan tulang dan pengapuran tulang sangat dilarang untuk melakukan olahraga yang berat. Hal itu bisa menyebabkan kondisi tulang akan semakin buruk. Anggapan penderita osteoporosis banyak yang salah dikarenakan mereka mengira olahraga yang baik untuk penderita osteoporosis adalah olahraga angkat beban berat sehingga tulang akan terlatih dengan kinerja yang berat. Bisa kita bayangkan, bagaimana payahnya tulang yang sudah keropos harus disuruh olahraga yang berat, bisa-bisa mengalami patah tulang mendadak.

Olahraga yang disarankan bagi penderita osteoporosis adalah jalan sehat dan jogging. Kedua olahraga tersebut baik bagi penderita osteoporosis dan cara untuk mencegah osteoporosis. Dengan melakukan olahraga tersebut secara rutin, tulang akan menjadi padat dan kuat sehingga terhindar dari bungkuk.

4. Makanan Sehat

Ada berbagai macam makanan sehat yang bisa digunakan untuk membuat kepadatan tulang terjaga. Makanan tersebut adalah sebagai berikut ini :

  • Ikan – Ikan merupakan makanan yang mengandung protein dan bermanfaat untuk membangun sel-sel tulang yang rusak. Ikan dengan duri lunak seperti bandeng presto sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang. Bandeng presto duri lunak baik jika dikonsumsi bersama dengan durinya yang telah lunak.
  • Daging unggas – Daging unggas juga kaya akan protein. Konsumsilah daging unggas tanpa kulit yang bisa menjaga kepadatan tulang.
  • Telur – Telur juga kaya akan protein. Telur bisa menjaga kepadatan dan kekuatan tulang.
  • Kacang-kacangan – Kacang adalah sumber protein nabati yang penting untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang di dalam tubuh. Kacang-kacangan juga kaya akan kalsium, mangan, magnesium dan juga fosfor. Kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang almond, kacang pistachio dan kacang kedelai sangat bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang. Berbagai macam olahan kedelai seperti tahu dan tempe juga bagus untuk tulang.
  • Sayur – Sayur yang bermanfaat untuk mencegah pengeroposan tulang adalah brokoli.
  • Buah-buahan –  Buah dari arab bernama kurma sangat bermanfaat untuk menjaga kepadatan dan kesehatan tulang. Hal itu dikarenakan di dalam kurma ditemukan kandungan kalsium dan makanan yang mengandung magnesium yang tinggi. Kandungan itu bermanfaat untuk kesehatan dan lepadatan tulang.
  • Ragi – Kita sering menganggap remeh ragi. Namun siapa sangka jika ragi memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Setidaknya dalam 100 gram ragi kering ditemukan sebanyak 350 miligram kalsium.
  • Makanan omega 3 – Omega 3 juga bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada tulang sehingga kepadatan dan kekuatannya bisa terjaga. Makanan yang kaya akan omega-3 adalah biji labu, biji rami dan juga minyak ikan.

5. Pola Hidup Sehat

Gaya hidup sehat dengan menjauhi rokok dan menjauhi konsumsi alkohol.

6. Hindari Makanan Berlemak

Makanan yang mengandung banyak lemak patut dihindari agar osteoporosis bisa dicegah. Alasannya adalah lemak bisa membuat penyerapan kalsium menjadi terhambat dikarenakan lemak sifatnya akan mengikat kalsium. Sehingga seberapa banyak kalsium dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh, namun jika mengkonsumsi makanan berlemak juga tidak berguna.

7. Hindari Diet Esktrem

Siapa yang tidak mau tubuh yang langsing dan ideal, tentu semua orang mau memiliki tubuh seperti itu. Sayangnya banyak cara salah yang dilakukan wanita untuk menggapai apa yang diimpikannya. Salah satu cara salah yang sering dilakukan wanita adalah melakukan diet sktrem. Diet esktrem bisa membuat peluang wanita terkena osteoporosis semakin besar. Alasannya adalah sebagai berikut ini :

Saat diet ekstrem, kebutuhan nutrisi yang masuk di dalam tubuh sedikit.
Nutrisi tersebut diperlukan untuk kepadatan dan kekuatan tulang.
Jika nutrisi tidak terpenuhi setiap harinya tulang akan rentan terkena pengeroposan dan juga pengapuran tulang.

8. Konsumsi Suplemen Kalsium

Mungkin ada wanita yang alergi terhadap susu. Wanita yang mengalami alergi terhadap susu tentu tidak bisa memenuhi asupan kalsium di dalam tubuhnya hal itu dikarenakan saat mengkonsumsi susu tubuhnya akan menolak dan bereaksi. Cara mencegah osteoporosis ada baiknya pada wanita yang telah menopause mengkonsumsi suplemen kalsium untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulangnya.

9. Sinar Matahari

Sinar matahari di pagi hari sampai dengan pukul delapan pagi banyak mengandung vitamin D. Oleh sebab itulah, wanita diharapkan untuk bisa menyerap vitamin D yang diberikan oleh sinar matahri tersebut. Caranya adalah setiap pagi sampai dengan jam 8 melakukan olahraga jogging atau hanya sekedar jalan santai menikmati udara dan sinar di pagi hari.

10. Vitamin C

Buah yang memiliki rasa asam merupakan buah yang mengandung vitamin C . Selain menguatkan sistem imun, vitamin C juga bisa digunakan untuk menguatkan tulang. Buah yang kaya akan vitamin C adalah sebagai berikut ini :

-Jambu biji
-Stroberi
-Nanas
-Pisang dan apel. Meski kandungan vitamin C nya sedikit namun pisang dan apel bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang.

Osteoporosis tidak boleh diabaikan, hal itu dikarenakan osteoporosis adalah salah satu penyakit yang bisa menimbulkan cacat permanen bahkan bisa menimbulkan kematian. Kesadaran masyarakat akan penyakit ini perlu ditingkatkan, tidak hanya itu saja pengetahuan masyarakat akan penyakit ini yang masih minim juga harus diperluaas. Masyarakat perlu membuka wawasan seluas-luasnya dan meningkatkan kesadarannya untuk bisa waspada akan penyakit ini. Mencegah lebih dibandingkan mengobati. Mengobati penyakit osteoporosis akan membutuhkan waktu yang lama apalagi jika penyakit tersebut sudah menimbulkan kecacatan permanen di dalam tubuh. Terimakasih atas kunjungannya..

Terus kunjungi situs https://caramengobatipenyakitmiom.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya. Baca juga artikel kami lainnya : Tips Menjaga Sistem Imun Saat Musim Hujan Tiba

Tips Sederhana Yang Dapat Mencegah Osteoporosis

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s