Macam-macam Tanaman Toga Beserta Kegunaannya

Macam-macam Tanaman Toga Beserta Kegunaannya

Kenali macam-macam tanaman toga beserta kegunaannya , tanaman hasil budidaya rumaha yang berkhasiat sebagai obat

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal , yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi kesehatan yang akan meliputi seputar macam-macam tanaman toga besarta kegunaannya.

Tanaman obat keluarga (disingkat TOGA) adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Kebun tanaman obat atau bahan obat dan selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat, khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Budidaya tanaman obat untuk keluarga (TOGA) dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual. Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.

Sejarah Tanaman Toga

macam-macam tanaman toga untuk kesehatanIndonesia
Di Indonesia, pemanfaatan tanaman sebagai obat-obatan juga telah berlangsung ribuan tahun yang lalu. Pada pertengahan abad ke XVII seorang botanikus bernama Jacobus Rontius (1592 – 1631) mengumumkan khasiat tumbuh-tumbuhan dalam bukunya De Indiae Untriusquere Naturali et Medica. Meskipun hanya 60 jenis tumbuh-tumbuhan yang diteliti, tetapi buku ini merupakan dasar dari penelitian tumbuh-tumbuhan obat oleh N.A. van Rheede tot Draakestein (1637 – 1691) dalam bukunya Hortus Indicus Malabaricus. Pada tahun 1888 didirikan Chemis Pharmacologisch Laboratorium sebagai bagian dari Kebun Raya Bogor dengan tujuan menyelidiki bahan-bahan atau zat-zat yang terdapat dalam tumbuh-tumbuhan yang dapat digunakan untuk obat-obatan. Selanjutnya penelitian dan publikasi mengenai khasiat tanaman obat-obatan semakin berkembang.

Mesir kuno
Pada zaman Mesir kuno (Tahun 2500 Sebelum Masehi), para budak diberi ransum bawang untuk membantu menghilangkan banyak penyakit demam dan infeksi yang umum terjadi pada masa itu. Sejak itulah catatan pertama tentang penulisan tanaman obat dan berbagai khasiatnya telah dikumpulkan oleh orang-orang mesir kuno. Sejumlah besar resep penggunaan produk tanaman untuk pengobatan berbagai penyakit, gejala-gejala penyakit dan diagnosanya tercantum dalam (Papyrus Ehers). Pada saat itu, para pendeta Mesir kuno telah melakukan dan mempraktikkan pengobatan herbal.

Yunani kuno
Bangsa Yunani kuno juga banyak menyimpan catatan mengenai penggunaan tanaman obat yaitu Hyppocrates (Tahun 466 Sebelum Masehi), Theophrastus (Tahun 372 Sebelum Masehi) dan Pedanios Dioscorides (Tahun 100 Sebelum Masehi) membuat himpunan keterangan terinci mengenai ribuan tanaman obat dalam De Materia Medica. Orang-orang Yunani kuno juga telah melakukan pengobatan herbal. Mereka menemukan berbagai tanaman obat baru, seperti rosemary dan lavender pada saat mengadakan perjalanan ke berbagai daratan lain.

Baca juga : Cara Merawat Wajah Agar Terbebas Dari Jerawat

Pemanfaatan Tanaman Obat (TOGA)

Pada bagian tanaman seperti yang tercantum di bawah ini dapat dimanfaatkan sebagai obat. Bagian tanaman terdiri dari bagian daun, kulit batang, buah, biji, bahkan pada bagian akarnya.

Bukan hanya untuk mengobati, namun apotek hidup yang ditanam disekitar rumah, asal ditata dengan rapi, dapat menambah keindahan hunian. Berikut ini sejumlah manfaat tanaman toga dan jenisnya :

1. Tanaman Obat Kunyit

Kunyit bukan hanya terkenal sebagai salah satu apotek hidup yang bermanfaat bagi kesehatan melainkan juga untuk penyedap rasa pada masakan. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari jenis toga yang satu ini seperti untuk mencegah kanker, mengatasi sakit maag, sebagai anti mikroba, gatal-gatal, antioksidan, menurunkan kadar lemak pada tubuh serta untuk mengatasi rasa mual.

Manfaat kunyit bisa digunakan sebagai obat penurun lemak dan kolesterol dalam darah dengan cara mengonsumsi air perasan kunyit. Cara mendapatkan air perasan cukup mudah yaitu dengan cara memarut kunyit lalu peras airnya. Minum perasan air kunyit tersebut hingga kolesterol atau lemak anda turun.

2. Tanaman Jahe

Manfaat jahe dikenal sebagai bahan utama pembuatan minuman jahe yang mampu menghangatkan tubuh. Terutama pada musim dingin, mengonsumsi jahe dapat membuat tubuh anda terasa lebih hangat sehingga menjadi lebih nyaman. Tidak hanya sekedar menghangatkan tubuh namun jahe juga bisa digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi sakit kepala, mengatasi mabuk darat, sebagai obat luka memar, untuk menghambat oksidasi kolesterol dan untuk menghindarkan tubuh dari masuk angin.

Bagi yang ingin mengatasi batuk, menghangatkan tubuh atau mungkin untuk mengatasi sakit kepala yang tidak kunjung reda, maka anda bisa menggunakan jahe untuk dibuat sebagai minuman sehat. Dengan cara menyeduh air panas lalu masukkan jahe yang telah ditumbuk sebelumnya. Aduk hingga sari jahe keluar lalu minum dalam keadaan hangat.

3. Lengkuas

Di dalam lengkuas terdapat banyak kandungan sehat untuk menunjang kesehatan tubuh seseorang mulai dari methyl-cinnamae, galangin, kamfer, sineol, at aktif galangol, resin, kadien, hidrat amilum serta heksabidrokadalen yang ampuh untuk mengatai beragam jenis penyakit. Beragam jenis penyakit tersebut adalah tumor, meredakan diare limfa dan rematik serta bagus pula untuk menambah nafsu makan.

Cara mengobati penyakit menggunakan lengkuas bisa dilakukan dengan cara merebus air bersamaan dengan 3 ruas lengkuas yang sebelumnya telah diiris tipis-tipis. Tunggu hingga airnya mendidih lalu sisakan ½ gelas saja. Minum air rebusan tersebut di kala pagi hari sebelum anda makan pagi.

4. Seledri

Seledri merupakan salah satu bumbu penyedap rasa yang banyak digunakan untuk membuat masakan berkuah hingga mie. Seledri juga dikenal sebagai daun sop yang memiliki aroma cukup khas. Seledri dapat digunakan untuk mengatasi beragam jenis penyakit mulai dari cuci darah hingga asam urat.

Untuk memanfaatkan khasiat dari seledri anda bisa merebusnya menggunakan 1 ½ gelas air. Tunggu hingga mendidih dan sisakan 1 gelas air saja. Minuman ini sebaiknya dikonsumsi setelah anda sarapan. Meski rasanya kurang enak dan cenderung pahit, namun khasiatnya bagi tubuh tidak perlu diragukan lagi. Hebatnya lagi seledri juga dianggap sebagai cuci darah yang paling murah.

5. Kencur

Manfaat kencur digunakan salah satu bumbu masakan yang banyak digunakan untuk membuat sayur bening. Ada banyak khasiat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi kencur seperti memperlancar haid, mengatasi rasa lelah, untuk mengatasi batuk, sebagai anti peradangan lambung dan lain sebagainya. Bagi yang tertarik menggunakan kencur sebagai salah satu obat untuk mengatasi batuk atau mungkin jenis gangguan kesehatan yang lain, maka anda bisa mengolahnya sama seperti saat anda mengolah jahe sebagai minuman.

6. Daun Dewa

Daun yang satu ini dianggap sebagai salah satu jenis daun yang mujarab karena memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan. Tidak hanya daunnya saja namun akar dari tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat. Di dalam daun dewa terdapat kandungan flavonoid, minyak atsiri, serta saponim yang mampu mengatasi beragam jenis penyakit.

Adapun manfaat daun dewa antara lain untuk memperlancar aliran darah, menghilangkan racun di dalam tubuh, untuk menurunkan demam, sebagai obat diabetes, pereda nyeri, gangguan kesehatan berupa nyeri akibat gigitan serangga dan lain-lain. Bagi anda yang ingin menggunakan daun dewa sebagai obat, maka anda bisa merebus 7 lembar daun dewa bersamaan dengan 3 gelas air. Tunggu hingga airnya mendidih lalu sisakan sekitar 2 gelas air saja. Minum ketika pagi dan sore hari sesudah anda makan.

7. Daun sirih

Masyarakat Indonesia tentu tahu betul apa itu daun sirih. Daun ini sering digunakan oleh para orang tua untuk nyireh. Bukan tanpa alasan, namun kebiasaan nyirih ini memiliki banyak manfaat terutama untuk membuat enamel gigi menjadi lebih kuat serta dapat digunakan untuk membunuh bakteri di dalam mulut. Bagi kesehatan secara umumnya daun sirih juga berguna untuk mengatasi bisul, mengatasi bau badan, untuk mengatasi bau ketiak, melancarkan haid, obat demam berdarah mempercepat proses penyembuhan luka bakar dan lain sebagainya.

Bagi anda yang berminat menggunakan manfaat daun sirih sebagai salah satu alternatif pengobatan untuk mengatasi gangguan kesehatan, anda bisa merebus daun sirihnya atau mungkin ditumbuk dan ditempelkan paga anggota tubuh yang sakit.

8. Brotowali

Brotowali merupakan salah satu jenis tanaman yang  biasa ditemukan tumbuh secara liar di tempat yang cenderung panas. Meskipun rasanya pahit, namun manfaat brotowali memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan seperti halnya untuk mengatasi penyakit kulit, sebagai obat penurun demam hingga untuk mengobati kencing manis serta masalah rematik.

Bagi yang mengalami gejala penyakit kencing manis dan ingin menyembuhkannya, maka anda bisa merebus air yang dicampur dengan 6 cm brotowali, 6 lembar daun sambiloto, 4 lembar daun kumis kucing bersamaan dengan 4 gelas air. Tunggu hingga air mendidih dan sisakan cukup 2 gelas saja. Konsumsi di saat pagi hingga malam hari. Anda bisa menghentikan perawatan menggunakan brotowali jika kadar gula dalam tubuh sudah turun.

Terus kunjungi situs https://caramengobatipenyakitmiom.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Macam-macam Tanaman Toga Beserta Kegunaannya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s