Tips Mengobati Tinnitus Dengan Bahan Alami

Tips Mengobati Tinnitus Dengan Bahan Alami

Tips mengobati tinnitus dengan bahan alami -, Tinnitus atau telinga berdengung memang bukanlah suatu penyakit yang dikategorikan sebagai sesuatu yang sangat berbahaya. Akan tetapi, telinga berdengung (tinnitus) ini cukup mampu membuat seseorang tak bisa beraktivitas. Pasalnya suara dengungan yang terjadi, terlebih yang disertai dengan rasa sakit, akan terasa sangat mengganggu.

tinnitusPenyebab tinnitus masih belum diketahui secara pasti, tetapi ada banyak faktor yang bisa memengaruhi seseorang untuk mengalaminya. Inilah faktor yang bisa menyebabkan tinnitus diantaranya adalah obat-obatan tertentu seperti aspirin dalam dosis besar, obat anti-hipertensi tertentu, serta paparan secara terus-menerus baik oleh suara keras maupun pukulan atau tekanan pada telinga.

Tinnitus merupakan gejala yang berhubungan dengan berbagai gangguan, oleh karena itu untuk mengelola kondisi ini melibatkan beberapa pilihan pengobatan termasuk konseling. Namun selain dengan konseling ada beberapa cara alami untuk mengatasi tinnitus sebagai berikut :

-Pisang

Pisang adalah obat alami untuk meredakan tinnitus, karena dapat membersihkan telinga dan mengurangi suara dering dan dengung. Anda bisa makan pisang 3 kali sehari selam seminggu untuk memperbaiki kondisi tinnitus. Anda juga bisa makan buah lain yang cukup keras dan membutuhkan banyak mengunyah seperti apel, pir dan nanas yang akan membantu meningkatkan sirkulasi darah ke telinga, dan membantu meringankan gejala tinnitus.

-Sari cuka apel

Cuka apel juga sangat baik meredakan peradangan pada tinnitus karena bersifat anti-inflamasi. Konsumsi cuka apel juga akan meredakan infeksi, jadi seduh cuka apel setengah cangkir dengan air hangat dan minum 2 kali sehari.

-Oregano

Tanaman yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan Italia ini ternyata juga merupakan obat alami yang bersifat antivirus, anti-inflamasi, dan antibakteri. Mengonsumsi oregano, dengan cara menyeduhnya dalam cangkir selama 15 menit dan meminumnya akan memberikan efek meredakan bengkak atau radang pada tinnitus sekaligus membunuh bakteri dalam telinga.

-Minyak kelapa, minyak bawang putih, minyak wijen atau minyak jarak

Beberapa minyak yang sudah disebut di atas adalah minyak yang banyak mengandung nutrisi dan antioksidan. Jadi, Anda bisa meneteskannya ke dalam lubang telinga atau mengoles dengan cotton bath dan biarkan untuk mengurangi gejala tinnitus seperti dengung.

-Daun kemangi

Daun kemangi bukan hanya lezat dijadikan lalapan, namun juga memiliki khasiat mengurangi gejala tinnitus. Cukup ambil segenggam daun kemangi dan hancurkan hingga halus. Kemudian saring dengan sedikit air, dan air ekstrak daun kemangi bisa diteteskan ke dalam rongga telinga.

Baca juga : Macam-macam Tanaman Toga Beserta Kegunaannya

Tips Mengobati Tinnitus Dengan Bahan Alami

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s